Assalamu'alaikum
Hallo kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya sendiri mengenai shalat dhuha.
Pernah gak sih kalian kepikiran dapet rizki karena shalat dhuha? kalau belum mungkin kamu gak sadar aja kalau kamu dapet rizki yang lebih dari Allah .Sebelum masuk kecerita saya kita bahas dulu yuk apa saja manfaat  atau keutamaan dari shalat dhuha


  • Pertama sholat dhuha bisa jadi pengganti sedekah untuk seluruh persendian
penjelasan sedekah untuk persendian

أَبِى بُرَيْدَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « فِى الإِنْسَانِ سِتُّونَ وَثَلاَثُمِائَةِ مَفْصِلٍ فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهَا صَدَقَةً ». قَالُوا فَمَنِ الَّذِى يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا أَوِ الشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَقْدِرْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُ عَنْكَ »
“Dari Buraidah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.”
SUMBER: rumaysho.com
  • Kedua Dicukupkan (rizki) dihari itu 

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ
“ Allah Ta'ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah bangun dari rahmat raka'at shalat di awal siang (diaktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang . ”(HR. Ahmad, 5: 286; Abu Daud, no. 1289, Tirmidzi, no. 475; Ad-Darimi, no. 1451. Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu'aib Al- Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih .)
SUMBER: rumaysho.com
  • Ketiga mendapatkan pahala Haji dan Umroh yang sempurna 

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ
Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)
SUMBER: rumaysho.com
  • Keempat termasuk sholat awwabin (orang yang kembali taat)

لا يحافظ على صلاة الضحى إلا أواب، وهي صلاة الأوابين
Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib 1: 164). Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Awwab adalah muthii’ (orang yang taat). Ada pula ulama yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang kembali taat” (Syarh Shahih Muslim, 6: 30).
SUMBER: rumaysho.com 

Nah gimana masa kalian gak tertarik sama sholat sunnah yang satu ini ? jangan mau rugi dong cuman modal waktu sebentar buat Dhuha udah dapet sebegitu banyaknya mafaat , masa sih dicuekin 🙀
kembali ketopik pembicaraan ya saya bakal cerita , nungguin ya? ceritanya gak panjang kok soalnya aku bingung mau gimana nulisin ceritanya

Jadi gini nih topik cerita yang pertama ya , aku jaman smk dulu pingin HP soalnya HP ku yang lama tak jual kalo gak salah. Nah aku waktu itu cuman punya uang sekitar 450-600 ribu(jerih payah ngumpulin sisa uang jajan) kayaknya nah aku pinginnya nyari HP harga kisaran 450ribu biar ada sisa uang buat pegangan , nah disitu aku nyari HP di facebook pake HP keypad hehehe masih punya amunisi beberapa hari , sampai akhirnya suatu hari aku shalat menyempatkan  shalat dhuha. Beberapa jam kemudian setelah shalat dhuha aku masih nyari HP bekas nih di Facebook dan akhirnya yang saya tunggu tunggu datang juga ada orang yang menjual HP nya seharga 450ribu kalo gak salah (pas banget dibudgetnya) Alhamdulillah lokasinya juga gak begitu jauh dari saya karena saya sedang pergi keluar waktu itu, akhirnya saya dapet HP seharga sekian itu tadi nah kalo kita pikir-pikir disini berhari -hari saya nyari HP gak dapet subhanallah setelah shalat dhuha di hari itu saya bisa mendapatkan apa yang saya inginkan hari itu juga . Jika kalian memperhatikan yang saya kutip tadi dikeutamaan shalat dhuha yang Kedua bahwa akan dicukupkan di akhir siang. 

Oke untuk yang cerita yang kedua begini , hari itu sebelum berangkat kerja saya mengerjakan shalat shalat dhuha terlebih dahulu kemudian saya berangkat kerja, saya memulai kegitan seperti biasa siang harinya kalau tidak salah sebelum waktu istirahat saya diberi nasi oleh teman kerja saya entah karena apa itu saya lupa ( yang pasti karena Allah menggerakkan hatinya) Alhamdulillah karena pada saat itu saya tidak membawa bekal dari rumah. Setelah itu sore harinya saya pergi untuk merapikan rambut , di situ saya bertemu dengan Ustad (tetangga dusun) yang sering saya minta untuk mengisi ceramah subuh di masjid dusun saya , di situ saya ngobrol sambil menunggu antrian , akhirnya Pak ustad dapat giliran kemudian selang sesaat saya dapat giliran karena tukang cukur rambutnya ada dua. Karena Pak Ustad dulu yang dicukur beliau selesai lebih dulu kemudian beliau membayar biaya cukur rambutnya di situ saya masih dicukur dan beliau meminta(memberitahu) pada tukang cukur saya bahwa beliau juga membayar biaya cukur saya (subhanallah semoga Allah memberi balasan kebaikan pada beliau) sepulang dari situ saya berfikir ada apa hari ini kok saya bisa mendapat rizki yang tidak terduga seperti itu 😄. Jadi kemungkinan itu adalah rizki karena saya mengerjakan shalat dhuha sebelum berangkat kerja tadi pagi(dicukupkannya disore hari)

Nah ini yang terakhir ya sebenarnya banyak tapi saya ambilkan tiga saja ya  , Kejadiannya baru kemarin sore (sebelum postingan ini) kemarin saya menyempatkan shalat dhuha di tempat kerja. Sebelum pulang kerja sore harinya teman kerja saya mengajak menengok teman yang sedang sakit , kemudian saya ikut untuk menjenguknya. Sepulang dari menjenguk, saya bersama teman saya yang mengajak tadi berencana untuk mampir makan , kemudian saya mengajak teman saya yang lain. Di situ saya makan sambil mengobrol dan bermain . Entah kenapa saya tidak tahu  teman saya membayar semua biayanya ( semoga Allah membalasnya dengan kebaikan)

Mungkin itu saja ceritanya semoga menginspirasi sahabat untuk mengerjakan shalat sunnah yang satu ini karena banyak sekali keutamaan dan manfaatnya , jangan sampai kita menjadi orang yang merugi . Sempatkan 4 raka'at pagimu paksakan jika itu masih berat insyaallah lama kelamaan akan menjadi kebiasan yang mudah,Tips dari saya kerjakan shalat dhuhanya sekitaran kurang lebih jam 10 karena itu waktu sibuknya orang dengan pekerjaan Dunianya namun jangan hanya berharap rizki dari Allah saja tetapi juga niatkan untuk ibadahmu dan jangan terlalu berharap do'a mu langsung terkabul agar kamu tidak kecewa , karena Allah pasti akan menjawab do'a mu dan jangan pernah lelah untuk memohon pada-Nya . Semoga Allah membalas orang-orang yang senantiasa membawa saya kepada kebaikan dan diberikannya kemudahan urusan dunia dan akhirat Aamiin.

"Seberapa besar perjuanganmu untuk mengejar Duniamu jangan sampai lebih besar dari perjuanganmu mengejar akhiratmu untuk menegakkan agama Allah , karena insyaallah jika kita mengejar akhirat permasalahan dunia kita akan dipermudah dan semoga Allah juga memperjuangkan kita untuk selalu ada di jalan-Nya"
 Sekian saja dari saya kali ini jika ada kesalahan atau kekurangan dari postingan ini saya mohon maaf  dan saya minta koreksi dari kesalahan tersebut terima kasih semoga bermanfaat

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh