Assalamu'alaikum
kali ini saya mau bagiin cara instalasi wireguard pada tl mr 3420 , yah karena saya punya itu heehe , saya memiliki router Tplink TL MR 3420 V5 ya , yang versi terbaru dan disini kalian harus buat routernya menjadi openwrt kalian bisa download Firmware openwrt disini , jika sudah instal pada router kalian ya 
saya juga akan memberikan cara setting untuk penggunaan wireguardnya ya , disini saya memakai kartu by.u topping instagram , kalian bisa ikuti langkahnya nanti untuk mengubah kuota instagram menjadi reguler karena lumayan murah 5k 3 GB satu bulan

untuk menginstall plugin wireguard pada openwrt kita butuh koneksi internet , jadi pastikan kalian punya kuota , kalo gapunya ya beli dulu kalo gak mampu yaaa , nangis aja wkwwkkw becanda ok setelah instal kalian masuk ke web openwrt default nya https://192.168.1.1/cgi-bin/luci/
ok kalau udah masuk kita cekidot


  •  kita masuk ke Sytem > Software kemudian klik Update Lists

  • ini tampilan jika sudah selesai
  • setelah itu kita filter keywoard Wireguard
  • kita install wireguard klik install > jika ada pop up klik ok
  • nah kita sudah mengintall package Configuring libmnl.
    Configuring kmod-udptunnel4.
    Configuring kmod-udptunnel6.
    Configuring kmod-wireguard.
    Configuring ip-tiny.
    Configuring wireguard-tools.
    Configuring wireguard.

  • lakukan filter wireguard lagi selanjutnya kita install luci-proto-wireguard


  • kemudian install luci-app-wireguard untuk melihat status wireguard
OK proses instalasi wireguard sudah selesai kita tinggal setting interfaces untuk menambahkan wireguardnya disini saya pakai By.u topping ig yah kalian harus bikin akun dulu ya setelah itu download akunnya berformat CONF nanti kita akan masukkan sesuai akun pada router


  • kita masuk ke NETWORK > INTERFACES > ADD INTERFACES 

  • kemudian setting seperti digambar ya 


  • kalian tinggal masukkan sesuai dengan config yang sudah kalian buat ya pada bagian PEERS klik ADD




  • jika sudah setiing semua sesuai config kalian kita masuk ke tab Firewall pilih WAN



  • ok selesai klik save and apply kemudian reboot dulu router temen temen setelah itu cek ke bagian status 


jika sudah selesai maka akan tampil seperti itu jika tidak konek mungkin ada beberapa kesalahan setting atau bug tidak konek juga ada kemungkinan lainnya , pastikan juga jam pada openwrt kalian sudah benar ya masuk ke SYSTEM > SYSTEM > SYNC WITH BROWSER 


ok sekian saja dari saya jika ada yang kurang dimengerti kalian bisa tanyakan di fanspage facebook saya jangan lupa like dan share semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum